Friday, March 21, 2014

DIY: Bandana Punk

Hai semuanya, masih inget ga postingan DIY saya soal make over tas belanja? Di postingan tersebut saya bilang akan ada proyek DIY lainnya. Nah janji itu bakal saya realisasikan sekarang. Padahal barangnya udah jadi lebih awal dibandingin tas belanja itu ho ho ho. Cuma mood nulis tutorialnya baru ada sekarang. Jadi langsung kita mulai yaa 

MAU BIKIN APA? I CALLED IT “BANDANA PUNK” Idenya: lagi jalan jalan di sebuah mal di bandung dan mampir ke toko asesoris prempewi (teuteup) dan ngeliat bandana punk kece berat, tapi harganya..... (pass sodara sodara) Karena kepikiran terus akhirnya browsing dan menemukan beragam DIY dari blogger luar untuk membuat barang tersebut. Memang ada beberapa bahan-nya yang agak susah dicari. Kalaupun ada harus beli segambreng. Fortunately diakalin aja dengan bahan yang ada di toko craft lokal. 
 What YOU Need:

  1. lem UHU
  2. Kain flanel (warna bebas) kalau saya pakai warna merah marun
  3. Karet elastis warna hitam 
  4. Stud/ prongs (kalau gak salah itu deh sebutannya). Saya beli di toko craft asesoris
  5. Jarum dan benang jahit
  6. Gunting
  7.  NIAT 
CARA BUATNYA? Pertama: Ukur panjang bandana yang akan kamu buat. Kalau saya mengukur dari bandana lama, dengan panjang sekitar 32 cm. Cara lain, bisa diukur menggunakan meteran jahit. Mulai dari kuping kanan hingga ke kuping kiri melalui puncak kepala. Kedua: Kalau udah didapat berapa panjang yang dibutuhkan, gambar panjang bandana sesuai ukuran, dan lebarnya kita tentukan sendiri. Lebar bandana yang saya pakai sekitar 2 cm. Setelahnya gunting. Contohnya kaya gambar di bawah.



Ketiga: Susun stud atau prongs diatas bandana, tapi jangan dulu di tempel. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa estimasi berapa jarak kerapatan dan jumlah stud yang dibutuhkan.


Keempat: Baru deh nebar paku. Maksudnya menempelkan stud tersebut ke bandana. Untuk menempel kita gak usah pakai lem, cukup tekan jari-jari si paku tersebut sampai menembus flanel. Setelahnya tekan jari jari paku hingga saling berhadapan. Lakukan ini hingga semua stud tertempel erat di flanel. sisakan jarak sekitar 1-2 cm supaya jari jari stud ga bergesekan sama kuping dan sebagai area untuk menempelkan karet elastis.


Kelima: Potong karet elastis. Ukurannya tiga per empat dari panjang bandana. Setelahnya kita bisa lem ujung karet elastis ke ujung bandana. Tunggu sampai lem kering, langsung bisa kita pakai. Saya pribadi, setelah karet elastis menempel kemudian dijahit kembali agar kuat.



Nah ini dia penampakan bandana yang sudah jadi


Mudah kan buatnya.. jangan ragu buat bikin ya. Variasinya bisa dikreasikan bergantung masing-masing individu. Semoga postingan DIY kedua ini bisa bermanfaat. Kalau ada pertanyaan jangan sungkan loh bisa melalui comment atau via e-mail. Gud luck, have a nice day and ciao.

No comments:

Post a Comment