Friday, September 18, 2015

Jadi Anggota Bapusipda Jawa Barat

Friday I'm in love... katanya

Mumpung lagi seneng saya mau share pengalaman saya selama mengerjakan laporan penelitian . Tenang saya gak akan ngasih tips bagaimana mengerjakan laporan penelitian yang benar. Hari ini saya mau bagi-bagi pengalaman saya sebagai seorang mahasiswa yang punya dana ngepas tapi harus baca buku yang berjibun. Kalau udah tau arah-arah tulisannya mau kemana yep.. saya mau ngebahas pengalaman saya menjadi anggota perpustakaan daerah Jawa Barat. Sebelumnya saya pernah tulis bagaimana menjadi anggota perpustakaan nasional disini
Mudah-mudahan tulisan kali ini bisa ngebantu dan menjadi referensi kalian, mau pelajar, mahasiswa, umum, dan lainnya khususnya yang berdomisili di Jawa Barat yang hobi baca atau butuh buku untuk ngedukung tugas sekolah atau kuliah.

Kita mulai

Nama perpustakaan yang kamu kunjungi ini apa?

Nama perpustakaan tempat saya ngendon kalau lagi galau butuh bahan bacaan adalah Bapusipda. Bapusipda sendiri merupakan singkatan dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. Letak perpustakaan ini berada di Jalan Kawaluyaan Indah II Bandung. Sebenarnya perpustakaan dan kearsipan daerah ini ada dua.  Gedung yang pertama berada di jalan Soekarno Hatta 629. Fungsi perpus pertama tersebut lebih diutamakan kepada tempat deposit buku-buku yang akan di taruh di Bapusipda, Jalan Kawaluyaan. Sedangkan perpustakaan Bapusipda Kawaluyaan, melayani peminjaman buku-buku mulai dari buku anak-anak, buku fiksi dan non fiksi, layanan majalah dan surat kabar (baca ditempat).

Bukanya jam berapa?
Perpustakaan melayani setiap hari senin-sabtu  dengan jam kerja  pada weekdays pukul 08.00 Wib- 20.30 Wib, khusus untuk hari sabtu pelayanan hingga pukul 16.00 Wib. Jangan lupa kalau  jam 12 siang layanan mereka  istirahat sementara waktu selama satu jam.

Ada apa aja sih di Bapusipda?
Ya buku lahhh. Jenis-jenis buku ini ditaruh di berbagai ruangan sesuai kategorinya

Ruang referensi dan Sirkulasi (surat kabar dan majalah)
Ruangan ini ada di lantai 3. Khusus untuk ruangan ini semua buku, surat kabar maupun majalah tidak dapat dipinjam dan hanya diperbolehkan dibaca di tempat . kalau suka sama bukunya atau ada artikel yang ingin di simpan boleh kok di foto copy dengan menghubungi petugasnya.

Ruang baca di bapusipda

Ruang Remaja
Ada di lantai 3 juga. Alasan disebut ruang remaja karena isi buku-bukunya memang dikhususkan untuk remaja. Seperti buku pelajaran, komik, novel remaja dan  buku hobi/ DIY.

Ruang Dewasa ( 1 dan 2)
Khusus ruangan ini dipenuhi oleh mahasiswa dan umum. Ruangan yang berada di lantai 2 ini berada samping-sampingan. Kalau bukunya gak ada di ruangan yang satu tinggal nyebrang deh kesebelah. Buku yang disediakan berupa buku fiksi mulai dari agama, statistik, pertanian, resep masakan, novel, komputer, arsitek dan lain sebagainya

Ruang baca Anak
Sesuai dengan nama ruangannya, tentu saja ruangan ini memang dikhususkan untuk bocah-bocah. Ruangannya diisi dengan furnitur berwarna. Dindingnya di cat  dengan mural yang menceritakan legenda gunung tangkuban perahu. Koleksi bukunya gak hanya buku cerita tapi ada juga seri pengetahuan,seri percobaan sains untuk anak-anak, majalah anak-anak, dan tentu aja komik.


Ruang baca anak-anak yang warna-warni
Fasilitas Lainnya apa aja?

Selain peminjaman buku dan layanan surat kabar, Bapusipda menyediakan fasilitas WiFi dari bandung juara. Tapi akhir-akhir ini wifi bandung juaranya ga bisa diakses gak jelas alasannya apa.
Ada juga aula di lantai 4 yang biasanya suka dipakai untuk acara seminar yang rutin diadain atau kelas bahasa inggris buat para pengunjung setiap hari sabtu (gratis).

Tertariiiik jadi anggota, gimana sih caranya? 

Caranya gampang banget.
  1. Bawa pas photo berwarna ukuran 2x3 sebanyak 1 lembar tapi bawa lebih juga gak apa-apa buat jaga-jaga.
  2. Photocopy KTP
  3. Bagi mahasiswa jangan lupa bawa photocopy kartu mahasiswa dan surat keterangan dari fakultas yang bersangkutan.

Daftar mandiri dan ruang pemotretan :D


Kalau udah naik ke lantai 3 hubungi petugas, jangan lupa serahin persyaratan yang udah disebutkan diatas. Setelah itu petugas akan menyuruh kita untuk isi formulir pendaftaran mandiri, kayak foto disamping ini nih.

kalau sudah isi formulir, tinggal nunggu dipanggil untuk pemotretan kartu anggota. Kalau udah voilaa kartu anggota langsung jadi dan bisa dipakai saat itu juga.








HAL LAIN YANG HARUS DIINGAT
  •  Buku yang dipinjam maksimal 3 buah dengan durasi peminjaman 2 minggu. Kalau bukunya belum selesai dibaca bisa diperpanjang dengan menghubungi petugas.



Ngembaliin buku bisa ngehubungi petugas atau mandiri
  •  Setiap buku yang dipinjam akan dikasih slip peminjaman. Slipnya dijaga baek baek. Soalnya pas pengembalian buku petugas selalu nanya slip ini, makanya jangan sampe ilang. Slip peminjaman yang dikasih ngasih informasi kapan tanggal pengembalian buku dan buku apa aja yang dipinjam.

  •  Kalau lupa mengembalikan buku sesuai jadwal, biasanya kena denda. Besaran denda  sekitar idr 200/hari / buku


Mudah-mudahan informasinya berguna yaa buat kalian para kutu buku sejati (termasuk saya) dan siapapun yang suka baca tapi gak mau dibilang kutu buku. Kalau mo nanya-nanya sok di comment ajah. See you soon ciao



No comments:

Post a Comment